Slide Down Box Menu with jQuery and CSS3

SARANA DAN MEDIA PENDIDIKAN

 

 

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sebagai satu perguruan tinggi profesional di bidang pariwisata dilengkapi denganberbagai jenis sarana, fasilitas dan media pendidikan yang digunakan untuk menunjang kelancaran proses pembelajarannya.

imgAdapun kelengkapan tersebut dibagi menjadi empat kelompok, yaitu (1) Ruang Kelas, (2) Laboratorium Ruang Praktek, (3) Media Pendidikan, dan (4) Penunjang Pendidikan.

Keempat kelompok tersebut dibangun dan disiapkan untuk mendukung kegiatan seluruh program pendidikan yang ada, baik secara menyeluruh maupun khusus untuk program jurusan tertentu, dengan penjelasan sebagai berikut:

 

1. RUANG KELAS

      Seluruh ruang kelas yang tersedia saat ini berjumlah 45 ruang dengan kapasitas masing-masing ruang kelas yang bervariasi antara 40 sampai dengan 50 orang. Ruang-ruang kelas tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan pembelajaran teori, seminar, dan sejenisnya bagi seluruh program pendidikan yang ada.

 

2. LABORATORIUM RUANG PRAKTEK

      Laboratorium yang saat ini tersedia di STP Trisakti digunakan untuk proses pembelajaran yang bersifat penelitian, uji coba, peragaan, dan sebagai sarana praktik. Laboratorium/ruang praktik tersebut adalah sebagai berikut :

1.   Bahasa

      Laboratorium Bahasa yang dilengkapi dengan peralatan multimedia.

2.   Komputer

      Laboratorium komputer terdiri dari 3 laboratorium, masing-masing dilengkapi dengan 24 unit komputer dengan program-program aplikasi berbasis Windows, MAXIAL (program Perhotelan) dan GALILEO / AMADEUS (program Usaha Perjalanan Wisata)

3.   Simulasi Kantor Depan Hotelimg

      Laboratorium Kantor Depan Hotel terdiri dari 3 (tiga) laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran pada Jurusan Perhotelan.

4.   Laboratorium Housekeeping

      Laboratorium Housekeeping terdiri dari 5 (lima) Model Room yang setiap kamar dilengkapi sesuai dengan standar hotel, 1 (satu) ruang Public Area, 1 (satu) ruang besar untuk penataan kamar dan 1 (satu) ruang Binatu.

5.   Pengolahan Makanan Praktek

      Untuk menunjang proses pembelajaran pada Jurusan Perhotelan, tersedia 2 (dua) unit Laboratorium praktek Pengolahan Makanan, 2 (dua) unit laboratorium praktek Pengolahan Roti & Kue.

6.   Restoran dan Bar

      Untuk menunjang proses pembelajaran pada Jurusan Perhotelan, tersedia 2 (dua) unit ruang praktek restoran dan Bar.

7.   Stewarding (alat dapur dan restoran)

      Untuk menunjang proses pembelajaran pada Jurusan Perhotelan, tersedia 2 (dua) unit ruang pencucian peralatan.

8.   Storeroom

      Untuk menunjang proses pembelajaran pada Jurusan Perhotelan, tersedia 1 (satu) unit ruang yang terdiri dari 3 bagian: untuk penyimpanan peralatan, penyimpanan bahan baku (groceries) dan linen.

9.   Biro Perjalanan Wisata

      Laboratorium ini untuk menunjang proses pembelajaran pada jurusan Usaha Perjalanan Wisata yang meliputi ticketing, reservation, dan informasi mengenai Biro Perjalanan.

10. Counter Perusahaan Penerbangan / Airline Counter

      Merupakan laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran di Jurusan Usaha Perjalanan Wisata.

11. Ruang Cargo

      Merupakan laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran di jurusan Usaha Perjalanan Wisata yang merupakan suatu ruangan simulasi cargo yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas peralatan yang dibutuhkan.

 

 

3. MEDIA PENDIDIKAN

      Media pendidikan yang saat ini dimiliki Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti adalah media pendidikan perangkat keras dan perangkat lunak sebagai berikut:

1.   Peralatan Pandang Dengar (“Audio-Visual Materials”)

Peralatan pandang dengar terdiri dari: Proyektor (OHP, Slide dan Film), Layar, Papan Tulis, “Flip Chart”, Video, Televisi, dan “Sound System”.

2.   Peralatan Komunikasi

Peralatan Komunikasi yang digunakan untuk peragaan, simulasi dan praktek adalah system telepon dengan PABX dan internet.

3.   Transportasi Pariwisata

Dua unit Bus Pariwisata digunakan untuk menunjang berbagai program pendidikan yang ada, antara lain untuk pemanduan, studi lapang dan sejenisnya.

4.   Sistem Informasi

Perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung peragaan, simulasi dan praktek adalah system informasi hotel yang telah dipasang pada “Integrated Computerized System” (Maxial) dan system informasi ticketing (Galileo).

 

4. PENUNJANG PENDIDIKAN

Penunjang pendidikan yang saat ini tersedia di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti adalah untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran dan kehidupan kampus, baik langsung maupun tidak langsung yang terdiri dari :

1.   Ruang Dosen dan Ruang Pertemuan:

Ruang disediakan untuk kegiatan-kegiatan pengelola, pendidikan, kemahasis-waan, administrasi umum dan keuangan, jurusan, praktek kerja lapangan, sekretariat & humas, pusat penelitian dan pengabdian masyarakat, kerja teknisi (repair & maintenance), koperasi, rapat, audiovisual dan serba guna.

2.   Perpustakaan:

Satu unit perpustakaan yang dilengkapi dengan berbagai jenis buku, referensi, informasi, disiapkan untuk menunjang kebutuhan sivitas akademika STP Trisakti.

3.  Olah Raga, Seni dan Budayakantin

4.  Bursa Kerja

5.  Foto copy dan percetakan

6.  Kantin

7.  Toko Kampus (P & D)

8.  Masjid dan Musholla

9.   Pos Keamanan Kampus

10. Lapangan parkir

11. Ruang Generator

12. Bank

13. Poliklinik